Arti Pentingnya Organisasi

>  Organisasia

organisasi dalam bahas Yunani adalah suatu kelompok orang dalam satu wadah untuk tujuan yang sama. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-prasarana, data dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien untuk mencapai tujuan organisasi.

Dalam sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aaspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang diangga baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh manusia dalam masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka penggangguran.

Dalam berorganisasi setia individu dapat berinteraksi dengan semua struktur yang terkait baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung kepada organisasi yang mereka pilih. agar dapat berinteraksi secara efektif setiap individu dapat lebih mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan.

>  Manajemen dan Organisasi

manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah disepakati dan ditetapkan.
manajemen merupakan sarana untuk mencapai tujuan berorganisasi dengan memangaatkan alat yang tersedia semaksimal mungkin. akan tetapi perlu diperhatikan baha dalam mencapai tujuan perusahaan harus memperhatikan secara optimal terhadap kepentingan-kepentingan yang menyangkut kepentingan komsumen, penanam modal, anggota perusahaan (karyawan), pemerintah, masyarakat dan supplier.

>  Manajemen dan Tata kerja

tata kerja adalah satu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.

hubungan timbal balik antara organisasi dan metode (tata kerja) dengan adanya metode atau tata kerja dalam organisasi sehingga pada proses kegiatan dapat menyusun perencanaan kerja, dengan lebih terkoordinir dalam membentuk sekelompok manusia yang melakukan kerjasama dengan memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya dan tepat dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. sehingga hubungan timbal baliknya juga sangat baik.

ORGANISASI, MANAJEMEN DAN TATA KERJA (METODE)

tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat ula. dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis
beberapa fungsi tata kerja adalah:
  • menghindari terjadinya pemborosan waktu yang tersedia
  • menghindari hambatan dalam proses pencapaian tujuan
  • menjamin adanya pembagian waktu kerja dan koordinasi yang tepat
manajemen menjelaskan bahwa harus ada proses kegiatandan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan. kemudian tata kerja menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilakukan sesuai dengan sumber daya yang tersedia.

berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa organisasi, manajemen dan tata kerja berkaitan satu sama lain. manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia. untuk melaksanakannya diperlukan organisasi sebagai wadah atau alat untuk mencapai tujuan tersebut. kemudian untuk mengetahui bagaimana kegiatan kerja sama tersebut sebaiknya dilakukan, dibuthkan tata kerja atau metode untuk mencapai efisien dan tepat.

Bentuk-bentuk organisasi
  1. organisasi politik
  2. organisasi sosial
  3. organisasi mahasiswa
  4. organisasi olahraga
  5. organisasi sekolah
  6. organisasi negara
  7. organisasi pemuda

Refrensi:
 http://avanza250.wordpress.com/2010/11/20/organisasi-manajemen-dan-tata-kerja/

0 komentar:

Poskan Komentar