3 Fase Manajemen Proyek

Manajemen Proyek
Manajemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan serta pengendalian), untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek. Proyek adalah sebuah kegiatan yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktu selesainya (dan biasanya selalu dibatasi oleh waktu, dan seringkali juga dibatasi oleh sumber pendanaan), untuk mencapai tujuan dan hasil yang spesifik dan unik, dan pada umumnya untuk menghasilkan sebuah perubahan yang bermanfaat atau yang mempunyai nilai tambah.
Proyek selalu bersifat sementara atau temporer dan sangat kontras dengan bisnis pada umumnya (Operasi-Produksi), dimana Operasi-Produksi mempunyai sifat perulangan (repetitif), dan aktifitasnya biasanya bersifat permanen atau mungkin semi permanen untuk menghasilkan produk atau layanan (jasa/servis). Pada prakteknya, tipe manajemen pada kedua sistem ini sering berbeda, dengan kemampuan teknis dan keputusan manajemen strategis yang spesifik.


3 Fase Manajemen Proyek

1.Fase perencanaan. Fase ini mencakup penentuan sasaran, pendefinisian proyek, dan pengorganisasian tim.
Perencanaan proyek :
Proyek : sederetan tugas yang diarahkan kepada suatu hasil utama dibentuk organisasi proyek untuk memastikan program yang telah ada tetap berjalan dengan lancar dan mendapatkan manajemen dan perhatian yang semestinya.
Organisasi proyek akan bekerja baik bila :

  • Pekerjaan dapat didefinisikan dengan sasaran dan target waktu khusus
  • Pekerjaan unik dalam organisasi yang ada
  • Pekerjaan mengandung tugas2 kompleks dan saling berhubungan yang membutuhkan ketrampilan khusus
  • Proyek sifatnya sementara tapi penting bagi organisasi
  • Proyek meliputi hampir semua lini organisasi
2. Fase penjadwalan. fase ini menghubungkan orang, uang, dan bahan untuk aktivitas khusus dan menghubungkan setiap aktivitas satu dengan aktivitas lain.
Penjadwalan proyek : Meliputi pengurutan dan pembagian waktu untuk seluruh kegiatan proyek. Biasanya dibantu dengan diagram Gantt.
Diagram Gantt :
  • Semua kegiatan telah direncanakan
  • Urutan kerja telah diperhitungkan
  • Perkiraan waktu telah tercatat
  • Keseluruhan proyek telah dibuat

3. Fase pengendalian. Di sini, perusahaan mengawasi sumber daya, biaya, kualitas, dan anggaran. Pengendalian proyek fokus pada :
  • Pengawasan ketat pada sumber daya, biaya, kualitas dan anggaran
  • Penggunaan loop umpan balik untuk merevisi rencana proyek dan pengaturan sumber daya
  • Diperlukan laporan PERT/ CPM yang sudah terkomputerisasi data diagram khas

0 komentar:

Poskan Komentar