LA COBOL IV

Dalam praktikum ini saya akan memberikan sebuah contoh program cobol.


Dalam program ini IDENTIVICATION DIVISION digunakan untuk mengidentifikasi program yaitu program Array.
Kemudian ENVIRONMENT DIVISION berisikan dokumentasi informasi tentang peralatan yang digunakan.
Selanjutnya DATA DIVISION digunakan untuk menggabungkan bentuk input dan output yang akan ditampilkan. Dalam data division terdapat Wotking-storage yaitu variabel N yang nantinya variabel N tersebut berbentuk numerik. Selanjutnya ada 01 TABEL-NILAI-SISWA diartikan sebagai variabel yang didalamnya ada perintah array yaitu 02 NILAI-SISWA PIC 99 OCCURS 10 TIMES dimna NILAI-SISWA sebagai variabel dengan data numerik dan di masukan data sebanyak 10 kali. Dan selanjutnya SCREEN SECTION itu digunakan untuk menghapus layar dan didalam screen section itu didalamnya ada 01 HAPUS-LAYAR dan didalamnya ada perintah 02 BLANK SCREEN yang digunakan untuk membersihkan layar program.
Selanjutnya PROSEDURE DIVISION digunakan untuk mengolah dan membuat statment dari data division menjadi output yang berhasil. Dalam procedure division terdapat perintah PROGRAM-UTAMA, itu dimaksudkan untuk memulai suatu program, dalam PROGRAM-UTAMA terdapat perintah lagi yaitu PERFORM PEMASUKAN-NILAI-SISWA VARYING N FROM 1 BY 1 UNTIL N > 10. dimana perform digunakan untuk membuat sebuah statment yang akan membawa proses dari program meloncat ke suatu paragram kemudian menjalankan seluruh statment yang ada pada paragraf tersebut dan jika sudah selesai akan kembali lagi ke perintah perform, maka perintah perform itu digunakan untuk mengulang nilai yang akan dimasukan kedalam variabel pemasukan-nilai-siswa dengan step 1 ke 1 dan N tidak lebih dari 10 kali pengambilan data. Kemudian DISPLAY HAPUS-LAYAR Digunakan untuk menghapus layar program. Kemudian perintah PERFORM TAMPILKAN-NILAI-SISWA VARYING FROM 1 BY 1 UNTIL N > 10. Digunakan untuk menampilkan nilai yang telah diinput lalu dimasukan kedalam variabel tampilkan-nilai-siswa dari variabel N sebanyak 10 kali data yang diinput. Kemudian STOP RUN. Untuk mengakhiri program
Selanjutnya vatabel PEMASUKAN-NILAI-SISWA. Ini digunakan untuk memasukan nilai yang nantinya akan di masukan kedalam variabel N dengan cara penulangannya inputannya di lakukan 10 kali karena perintah yang kita masukan adalah 10 kali. Dalam variabel pemasukan-nilai-siswa terdapat perintah DISPLAY ( , ) ‘NILAI : ‘. ACCEPT ( , ) NILAI-SISWA (N). Dimana display akan mencetak karakter yang ada tanda ‘ ‘ kemudian data yang dimasukan nantinya saat program berjalan akan dimasukan kedalam sebuah variabel yaitu dengan variabel NAMA-SISWA dengan bentuk variabelnya N dimaksudnkan masuk ke array berapakah nantinya data yang telah diinput tersebut.
Kemudian DISPLAY SPACE. Perintah itu digunakan untuk menampilkan paragram baru atau bisa dibilang sebagai enter pada komputer.
Selanjutnya variabel TAMPILKAN-NILAI-SISWA. Ini digunakan untuk menampilkan nilai-nilai yang tadinya diinput oleh Pvariabel pemasukan-nilai-siswa dan didalam variabel tempilkan-nilai-siswa ini ada perintah DISPLAY ( , ) ‘NILAI KE : ‘, N , ‘ : ‘ , NILAI-SISWA (N). Dimaksudnya nantinya setiap data yang di tampilkan mempunyai format yang sama dan formatnya nanti ditampilan ada NILAI KE : N itu nantinya N sebagai nilai Array yang keberapa data yang diinput pada perintah sebeblumnya, jika input nilainya pada array misalkan 6 nanti N tersebut adalah 6 dan seteerusnya. Kemudian akan menampilkan karakter pada tnda ‘ ‘ kemudian variabel NILAI-SISWA (N) akan menampilkan nilai yang telah kita input pada array berapa.
Dan hasilnya akan seperti ini:

0 komentar:

Poskan Komentar